Jan 11 2016

3 Bagian Leher Ini Bisa Sebabkan Kematian

3 Bagian Leher Ini Bisa Sebabkan Kematian

Fresh.ijomuda.com | 3 Bagian Leher Ini Bisa Sebabkan Kematian – Jangan main-main & coba-coba dgn leher. Lantaran di leher terdapat organ penting. Seandainya 3 organ ini terganggu mampu sebabkan kematian. Dituturkan dokter spesialis bedah saraf TNI AU, Dr dr Wawan Mulyawan, SpBS, SpKP tiga sektor utama di leher merupakan tulang belakang sektor leher, trakea & pembuluh darah karotis.

“Jika kita memotong atau menyumbat trakea, maka aliran udara akan terhenti pasokannya ke paru-paru. Dalam beberapa menit, organ tubuh segera akan kekurangan oksigen. Otak adalah organ yang paling rentan terganggu hingga bisa segera pingsan, henti jantung dan meninggal. Ini bisa terjadi hanya dalam beberapa menit hingga belasan menit,” ungkap dr Wawan kepada wartawan.

Sementara jikalau ke-2 pembuluh arteri karotis terpotong, maka pasokan darah ke otak serentak terhenti. Akibatnya tak ada oksigen yg dipasok ke otak, maka menyebabkan pingsan, henti napas & meninggal.

Baca juga : Pria Sebaiknya Makan Setelah Berolahraga

Sedangkan seandainya tulang leher patah, retak, ataupun dislokasi, maka tulang leher jadi tak stabil & menciptakan sumsum tulang (medulla spinalis) di dalamnya cedera. Padahal sumsum tulang yakni kumpulan seluruhnya saraf pusat dari/menuju otak & dari/ke organ badan di bawah leher.

“Biasanya, selain berhentinya napas, gangguan akibat cederanya sumsum tulang belakang di daerah leher juga mengakibatkan kelumpuhan tangan dan kaki, ketidakmampuan buang air besar dan buang air kecil, dan terganggunya fungsi organ-organ lain di bawah leher,” jelas dr Wawan.

dr Wawan menjelaskan walaupun saraf tulang belakang mati, tetapi jantung tetap sanggup bertahan kalau ditipang obat-obatan pemacu jantung & paru-paru mendapat pernapasan mekanis ventilator. Keadaan ini biasa dinamakan mati batang otak.

“Akibat retaknya tulang belakang leher dapat menyebabkan robeknya pembuluh darah arteri vertebralis (kiri dan kanan) yang ada di dalam tulang belakang leher yang memasok darah untuk otak bagian belakang.Jika pasokan hilang akibat kedua pembuluh darah robek, maka bisa menyebabkan kerusakan otak, pingsan, henti napas dan kemudian meninggal,” terangnya.

Sebab itu dr Wawan menyarankan seandainya punya masalah nyeri leher, nyeri punggung, nyeri pinggang & yang lain bisa konsultasi ke spesialis saraf, spesialis bedah sarah, spesialis ortopedi, spesialis kedokteran fisik & rehabilitasi maupun ke dokter umum & fisioterapis.

  • Inilah Alasan Kenapa Sianida Dapat Membunuhmu

    Fresh.ijomuda.com | Inilah Alasan Kenapa Sianida Dapat Membunuhmu – Maraknya pemberitaan menyangkut seorang perempuan yang meninggal sesudah konsumsi kopi, di salah satu...

  • Cara Untuk Menghindari Gigitan Nyamuk

    Fresh.ijomuda.com | Cara Untuk Menghindari Gigitan Nyamuk -, Pada risiko gigitan nyamuk kadang-kadang membawa penyakit berbahaya, seperti demam berdarah, atau penyakit lainnya....

  • Pria Sebaiknya Makan Setelah Berolahraga

    Fresh.ijomuda.com | Pria Sebaiknya Makan Setelah Berolahraga -, Penelitian baru menemukan kami mampu membakar lemak tanpa olahraga berlebihan. Kita hanya perlu untuk...

  • Sering Gonta-ganti Sampo Bikin Rambut Botak?

    Sering gonta-ganti merek sampo dikatakan mampu menciptakan rambut botak. Biarpun tidak sedikit tak benarnya, menurut pakar pernyataan ini tak sepenuhnya salah. dr...