Jun 7 2016

Menu Takjil Buka Puasa Paling Populer dan Digemari

Fresh.ijomuda.com | Menu Takjil Buka Puasa Paling Populer dan Digemari – Tak perlu bingung lagi menyiapkan menu apa buat berbuka puasa besok! Menu-menu berbukan puasa (takjil) manis menyegarkan paling digemari oleh masyarakat, disajikan disini. Saat waktu berbuka puasa datang kita dianjuran buat terlebih dulu membatalkan dengan makanan kecil yang manis, barulah sesudah sholat magrib kita makan makanan yang lebih berat, supaya perut dapat beradaptasi dengan baik.

Berikut kami persembahkan 10 hidangan takjil paling sedap yang banyak dipasarkan dimana-mana.

1. Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Kolak biji salak tak terbuat dari biji salak sungguhan. Mengapa disebut biji salak lantaran sesudah diolah wujud dan warnanya serupa dengan biji salak. Umumnya adonan biji salak terbuat dari tepung yang dipadukan ubi jalar. Disajikan bersama santan kelapa, kolak biji salak tidak perlu digerus, melainkan bakal lumer sendiri di mulut. Sedapnya lagi biji salak dapat dinikmati dingin ataupun panas.

2. Jejongkong

Jejongkong

Jejongkong merupakan menu takjil original Indonesia khas Lampung. Makanan Ini merupakan salah satu varian pengembangan dari menu kolak. Yang bikin beda, isinya. Jejongkong berisi adonan tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji yang dikasih warna dan perasa dari daun pandan. Nama jejongkong ini sendiri adalah pengembangan dari bahasa lain dari daun pandan, yaitu “jongkong”. Beberapa orang salah mengira Jejongkong ini sebagai cincau, kalau cincau berwana ahak bening, jejongkong mempunyai warna hijau muda.

3. Colenak

Colenak

Jajanan satu ini cukup ternama, namanya seakan dicomot saja dari cara makannya — dicocol, enak. Dan memang begitulah cara makan jajanan colenak ini. Tape bakar disajikan dengan saus manis juga sebagai cocolan. Colenak bisa dibeli di daerah Bandung dan sekitarnya. Sangking terkenalnya colenak ini, makanan khas bandung ini tidak sedikit pula dipasarkan di restoran-restoran mahal.

4. Es Goyobod

Es Goyobod

Produk Kota Garut ini mempunyai rasa yang sama uniknya dengan namanya. Unik lantaran, es ini berisi adonan hunkue (semacam tepung kanji) yang memberikan sensasi kenyal unik saat dinikmati. Selain berisi hunkue, es goyobod ini pula mengandung isian yang nyaris sama dengan es campur.

5. Degan Bakar Sulfat

Degan Bakar Sulfat

Degan cara penyajiannya umumnya dibakar terlebih dahulu. Pembakarannya juga mesti hingga benar-benar mendidih selama tiga hingga empat jam. Sesudah selesai proses pembakaran, degan ini baru mampu dinikmati sesudah kulitnya dibersihkan dari sisa pembakaran. Hasil dari proses pembakaran tadi bakal membuahkan cita rasa yang berbeda. Daging kelapa mudanya bakal terasa lebih manis. Kenapa ada label “Sulfat”? Sebab degan bakar sulfat benar-benar dipasarkan di daerah Sulfat, Malang.

6. Kolak Ayam

Kolak Ayam

Jika umumnya kolak berisi pisang, ubi atau ketela, maka penduduk Gresik punya varian isikan kolak yang amat sangat tidak sama. Penduduk Gumeno, Gresik mencampur ayam dan irisan daun bawang sebagai isian di kuah manis kolak. Tidak cuma unik penampilan dan rasanya, proses masaknya juga pula merupakan ritual tersendiri di kawasan tersebut. Hal ini dikarenakan, kolak ayam ini yaitu salah satu tradisi yang diturunkan oleh Sunan Giri.

7. Bubur Lemu

Bubur Lemu

“Lemu” dalam bahasa Jawa berarti gemuk atau gendut. Sebuah nama yang unik buat bubur tepung beras berkuah saus gula merah dan santan. Kemungkinan, predikat “lemu” tadi diberikan sebab secara penampilan, tepung beras tadi nampak seperti gelambir perut yang gendut.

8. Martabak Pizza Kurma

Martabak Pizza Kurma

Seakan tetap kurang puas dengan martabak yang porsi dan isiannya yang beragam, di Bandung ada menu martabak yang lumayan “wah”. Nyaris sama bersama martabak pada biasanya, cuma saja ditambahkan bahan-bahan pelengkap seperti kurma dan kacang Arab. Label “pizza” ditambahkan dikarenakan martabak ini disajikan dalam wujud yang menyerupai pizza.

9. Bubur Kampiun

Bubur Kampiun

Bubur khas Minang ini spesial, dikarenakan merupakan campuran kolak pisang, bubur candil, bubur sumsum dan ketan hitam. Mungkin itu pula menjelaskan mengapa nama bubur ini “kampiun” (juara) — sebab benar-benar isinya sedemikian spesial.

10. Es Palu Butung

Es Palu Butung

Ini merupakan salaah satu minuman khas Makasar yang cukup ternama. Berisi pisang dan bubur putih plus sirup merah dan susu, es ini akan cukup mengisi perut yang kosong seharian. Sangat serasi buat melepas dahaga.

  • Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Akibat Makan Jengkol

    Fresh.ijomuda.com | Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Akibat Makan Jengkol – Cara menghilangkan bau jengkol yang lumayan mengganggu dengan cara cepat dan...

  • Beberapa Manfaat Berbuka Puasa Dengan Kurma

    fresh.ijomuda.com | Beberapa Manfaat Berbuka Puasa Dengan Kurma -, Ramadhan seringkali diidentikkan dengan kurma. Hal ini bukan tidak dengan argumen, dikarenakan selain...

  • Beberapa Cara Unik Nikmati Kuliner Di Jakarta

    fresh.ijomuda.com | Beberapa Cara Unik Nikmati Kuliner Di Jakarta -, Kalian Hobi Wisata Kuliner ? Jakarta makan sangat tepat dipilih. Diperdebatkan, Jakarta...

  • Mi Instan Pedas Ala Mie Pede..es

    Fresh.ijomuda.com | Mi Instan Pedas Ala Mie Pede..es -,Hidangan lezat saat ini masih berkutat di seputaran MI. di Kampung Baru, Solo, tepatnya...